Apa Itu BikinPabrik.Id?

BikinPabrik.Id adalah sebuah media informasi, edukasi, dan pelatihan seputar legalitas sarana dan produk serta standar mutu produk-produk kosmetika, obat tradisional, pangan olahan dan perbekalan kesehatan rumah tangga (PKRT) untuk kategori usaha mikro dan kecil (UMK).

Gagasannya awalnya adalah “satu media dengan aneka informasi seputar sarana produksi.”

Tampilan salah slide 1 Home website BikinPabrik.Id

Realita di lapangan, banyak perusahaan produksi yang menjalankan usahanya tanpa pertimbangan pemenuhan syarat legalitas dan standar mutu yang berlaku di Indonesia. Sebagian besarnya disebabkan oleh sedikitnya informasi yang masuk kepada pelaku usaha. Padahal mereka mayoritasnya menjalankan usaha dengan prioritas produknya laris manis di pasaran.

Sebagian lainnya sudah punya persepsi yang keliru kalau mengurusi perizinan produk itu sulit. Terlebih lagi, belum apa-apa, sudah ada rasa takut kepada petugas Badan POM. Takut produknya dirazialah atau semisalnya. Maka ada yang memilih untuk tidak mengurus perizinannya, atau mereka mengurus izin tapi melalui jalur jasa calo yang pada akhirnya berujung pada penyesalan.

Padahal, sudah sejak lama performa BPOM meningkat. Mereka (baik di pusat maupun di daerah) selalu berupaya untuk terus memperbaiki dan mempermudah perizinan produk. Mereka punya kepedulian dan empati kepada semua pelaku usaha di bidang obat dan makanan. Kalau usaha masyarakat berkembang, bukankan perekonomian akan bertumbuh dan banyak masyarakat bisa terus bekerja (tidak lagi menganggur).

Tampilan salah slide 2 Home website BikinPabrik.Id

Dalam hal perizinanan sarana pun demikian, pelaku usaha dihadapkan banyak kendala. Selain kurangnya pemahaman terhadap aspek-aspek yang menjadi persyaratan juga mereka terkendala :

  1. Dinamisnya regulasi/peraturan izin usaha industri;
  2. Penerapan pengurusan izin melalui sistem elekronik (OSS) memberatkan bagi pelaku usaha yang kurang update atau mengusai IT;
  3. Sosialisasi perubahan peraturan dan penerapannya di lapangan dirasakan masih sangat kurang;
  4. Perubahan beberapa kali dari sistem perizinan elektronik membuat pelaku usaha bingung;
  5. Perubahan perizinan yang dinyatakan sudah memudahkan pelaku usaha ternyata masih menyulitkan dan memberatkan pelaku usaha. Misalnya dari sisi sistem zonasi usaha produksi, pengurusan SPPL/UKL-UPL yang kurang bersahabat di daerah, serta pelayanan petugas yang berbelit-belit akibat kurang memahami perubahan peraturan yang ada, dan lain sebagainya.

BikinPabrik.Id melalui websitenya mencoba memberikan pencerahan dan harapan untuk pelaku usaha di seluruh pelosok tanah air dalam mewujudkan harapannya.

BikinPabrik.Id siap menjadi mitra pelaku usaha (UMKM) dalam melatih dan meningkatkan kemampuan personal dan perusahaan dalam upaya kemandirian dan pemenuhan mutu sesuai bidang usaha produksinya.

BikinPabrik.Id berusaha menjembatani pelaku usaha agar terhubung dengan instansi-instansi pemerintah yang terkait, seperti BKPM, Badan POM, Dinas Kesehatan, DPMPTSP baik di kabupaten / kota maupun di provinsi serta instansi lainnya.

Dan yang menjadi prioritas dari BikinPabrik.Id saat ini adalah bagaimana menyediakan informasi dan pelatihan seputar legalitas sarana dan produk, serta standar mutu sarana usaha/industri obat tradisional, pangan olahan, maupun kosmetika yang terkini, guna memudahkan pelaku usaha dalam memahami apa yang mereka butuhkan.

Untuk itu semua, kami berharap agar ada banyak masukan, kritik juga saran dari segenap pengunjung. Semoga upaya kami bermanfaat di dunia dan di akherat kelak. Aamiin

 

Hubungi kami di :

Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Janaaha

@Pelatihan BikinPabrik.Id

Alamat : Perumahan Kenari Asri B7, Losari, Sukoharjo, Ngaglik, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581

Telp : (0274) 2860860
HP/WA : 0811-259-226