Beri Kepastian Mutu, Kemenperin Rumuskan SNI Masker Kain
September 30, 2020
PT Sinde Budi Sentosa
PROGRAM PENDAMPINGAN PELAKU USAHA JAMU SKALA UMOT DAN UKOT (2)
Juli 17, 2021

Program pendampingan perizinan pelaku usaha jamu skala UMOT dan UKOT PT Sinde Budi Sentosa.

Jamu, anugerah dan berkahdari Allah Subhanahu wa ta’ala untuk masyarakat Indonesia. Merupakan salah satu warisan budaya yang luhur  bangsa Indonesia. Penggunaan jamu tidak hanya sebagai media promotif dan preventif namun juga sebagai media pengobatan maupun rehabilitasi yang luar biasa. Misalnya jamu digunakan untuk pemulihan luka pasca operasi atau sakit lainnya.

Ada banyak program pemerintah yang sangat bagus dan instensif. Antara lain program kordinasi dukungan perizinan untuk pelaku usaha jamu dari BPOM RI lintas kementerian dan dinas di seluruh Indonesia. Melalui program SIPEMANDU, patut mendapatkan apresiasi dan dukungan dari semua pihak.

Salah satu dukungan yang dapat mengangkat nasib pelaku usaha UMOT dan UKOT adalah PROGRAM PENDAMPINGAN PELAKU USAHA JAMU SKALA UMOT DAN UKOT. Program ini dapat membuka wawasan seputar pengurusan usaha jamu. Walaupun banyak tantangannya, jika dilakukan secara mandiri, rasa syukur muncul saat semua proses selesai dan pelaku usaha mendapatkan izin yang didambakannya.

Dengan modal izin usaha inilah, pelaku usaha jamu dapat melanjutkan proses registrasi jamunya untuk menjadi Obat Tradisonal / Jamu di Badan POM RI. Tidak cemas dan takut dalam menjalankan usaha produksinya.

Bapak Jony Yuwono, selaku Wakil Direktur Utama PT Sinde Budi Sentosa menggagas sebuah ide cemerlang terkait peningkatan kemampuan pelaku usaha jamu skala UMOT dan UKOT. UMOT sendiri singkatan dari Usaha Mikro Obat Tradisional, sedangkat UKOT adalah Usaha Kecil Obat Tradisional. Beliau bersama Apoteker senior di PT Sinde, Bapak Sri Wahyono, Apt, menyampaikan ide tersebut kepada Direktur LPK Janaaha, Bapak M. Fajaruddin, yang akrab di sapa Abah Fajar. Gayung pun  bersambut. Lahirlah Program Pendampingan Pelaku Usaha Jamu Skala UMOT Dan UKOT. Program ini dilakukan melalui webinar umum seputar perizinan dan pendampingan intensif pelaku usaha jamu calon UMOT dan UKOT yang terpilih.

Lama program ini adalah 3 (tiga) bulan, dari bulan Agustus sampai dengan Oktober 2021, insya Allah. Semoga niat baik dan cita-cita luhur dalam membantu pelaku usaha kelas mikro dan kecil dapat terlaksana dengan baik

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *